Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Ginjal » Penyebab Gagal Ginjal Akut Dan Kronis

Penyebab Gagal Ginjal Akut Dan Kronis



Penyebab Gagal Ginjal. Sebelum kita mempelajari tentang apa saja yang menjadi penyebab gagal ginjal, terlebih dahulu saya ingin sampaikan bahwa sebenarnya penyakit gagl ginjal itu sendiri dikategorikan menjadi 2 bagian, yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. Sehingga untuk menguraikan penyebab gagal ginjal, selanjutnya akan dikelompokkan menjadi penyebab gagal ginjal akut dan penyebab gagal ginjal kronis.

Pada gagal ginjal akut terjadi penurunan fungsi ginjal secara tiba – tiba dalam beberapa hari atau beberapa minggu dan ditandai dengan hasil pemeriksaan fungsi ginjal ( ureum dan kreatinin darah ) dan kadar urea nitrogen dalam darah yang meningkat. Berikut ini adalah beberapa penyebab gagal ginjal akut :

  • Aliran darah ke ginjal berkurang. Ini bisa terjadi karena perdarahan yang hebat, kehilangan banyak cairan ( sebagai akibat muntah – muntah, diare dan demam ), dehidrasi, obat – obtan yang mengakibatkan pengeluaran urin berlebihan, sumbatan pembuluh darah ginjal.
  • Kerusakan yang terjadi pada ginjal. Ini terjadi karena adanya peradangan yang merusak ginjal, obat – obatan yang bersifat toksik terhdap ginjal,adanya sumbatan pada sistem filtrasi ginjal.
  • Aliran urin dari ginjal terganggu. Ini terjadi karena sumbatan saluran kemih sehingga urin berbalik arah ke ginjal, pembesaran prostat sehingga menghambat pengosongan kandung kencing, tumor di perut yang menyumbat ureter, batu ginjal.

Pada gagal ginjal kronis, penurunan fungsi ginjal terjadi secara perlahan – lahan. Proses penurunan fungsi ginjal dapat berlangsung terus selama berbulan – bulan bahkan bertahun – tahun, sampai akhirnya ginjal tidak dapat brfungsi sama sekali. Berikut ini adalah penyebab gagal ginjal kronis :

  • Diabetes tipe 1 dan 2 yang tidak terkontrol dan menyebabkan nefropati diabetikum.
  • Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol.
  • Peradangan atau kerusakan pada glomerulus, misalnya karena penyakit lupus atau pasca infeksi.
  • Kelainan bawaan pada ginjal yaitu kedua ginjal memiliki kista multipel.
  • Penggunaan obat – obatan tertentu dalam jangka waktu yang lama dan penggunaan obat – obatan yang bersifat toksik terhadap ginjal.
  • Aliran darah ke ginjal berkurang yang dikarenakan adanya penyunbatan pada pembuluh darah arteri.
  • Sumbatan aliran urin karena batu, prostat yang besar.
    Infeksi HIV, penggunaan heroin, dan infeksi ginjal kronis.

penyebab gagal ginjalDemikianlah penyebab gagal ginjal yang dikelompokkan berdasarkan jenis gagal ginjalnya. Demikian banyaknya hal – hal yang dapat merusak fungsi organ tubuh, sehingga menimbulkan berbagai penyakit yang mematikan, namun pola hidup yang tidak sehat selalu menjadi penyebab utama. Hidup yang tidak sehat memang tidak serta merta dirasakan akibatnya, namun setelah sekian lama, setelah fungsi organ tubuh menjadi rusak, barulah berbagai macam penyakit dan komplikasi menyerang dan sulit disembuhkan. Mudah mudahan artikel tentang penyebab gagal ginjal di atas dapat mengingatkan kita semua untuk selalu menerapkan pola hidup sehat.