Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Asam Urat » Obat Asam Urat Yang Paling Mudah Dan Mujarab

Obat Asam Urat Yang Paling Mudah Dan Mujarab



Obat asam urat banyak sekali bertebaran di luar sana, semuanya mengklaim dapat menyembuhkan penyakit asam urat. Penyakit asam urat sebenarnya juga dapat disembuhkan, namun keengganan si penderita untuk memeriksakan diri ke dokter membuat penyakit ini berkembang menjadi semakin parah dan sulit diatasi.

Gejala asam urat sebenarnya sudah muncul tanda – tandanya sejak lama. Biasanya kondisi ini disikapi oleh penderitanya sebagai pegal linu biasa akibat kelelahan. Padahal gejala asam urat itu sangat khas dan berbeda dengan pegal – pegal biasanya.

Kembali berbicara tentang obat asam urat, sebenarnya banyak tanaman obat yang secara alami dapat mengobati penyakit asam urat. Walaupun tips kesehatan yang satu ini adalah cara tradisional namun khasiatnya tidak kalah dengan obat asam urat dari dokter.

 

CARA MEMBUAT RAMUAN OBAT ASAM URAT

Berikut ini jenis – jenis tanaman obat yang dapat digunakan sebagai obat asam urat :

1. Obat asam urat ramuan sambiloto. Tanaman berasal dari India . Di beberapa daerah sambiloto dikenal juga dengan nama papaitan, ki peurat, bidara, kayu mas, lang, ki pait, sampiroto, atau ki oray. Sambiloto mengandung beberapa senyawa flavanoid, alkane, keton, aldehid dan juga beberapa mineral seperti kalsium, kalium dan natrium. Rasanya pahit, namun tanaman ini dikenal sebagai antiradang, penghilang nyeri atau analgetik, dan juga penawar racun. Bagian tanaman yang digunakan adalah seluruh tanaman.

Cara meramu Sambiloto menjadi obat Asam Urat:

Cuci bersih dan rebus sambiloto kering 10 gram, rimpang temulawak kering 10 gram, dan buah lada 1 gram dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas, diminum 3 kali satu gelas setiap hari, 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan.

2. Obat asam urat ramuan Kumis kucing. Tanaman dikenal sebagai diuretik yang berkhasiat sebagai penghancur batu saluran kencing. Rasanya manis sedikit pahit, dulunya banyak tumbuh di selokan dan anak sungai, namun sekarang tak sedikit orang yang gemar menanamnya di pekarangan rumah. Garam kalium dalam tanaman ini memang berkhasiat melarutkan batu ginjal, karenanya banyak digunakan sebagai obat penghancur batu. Kandungan sinsetin-nya bersifat sebagai antibakteri, dan tanaman ini juga mengandung senyawa orthosiphonin glikosida. Sifat diuretik tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai obat asam urat, untuk membantu tubuh membuang kelebihan asam urat lewat urin.

Cara meramu Kumis Kucing menjadi obat Asam Urat:

Cuci bersih 10 gram daun kumis kucing kering atau 20 gram basah, 10 gram meniran kering atau 20 gram basah, 10 gram sawi tanah kering atau 20 gram basah, 15 gram jahe merah kering atau 30 gram basah, dan 10 gram kapulaga kering. Memarkan jahe merah dan gabung dengan bahan yang lain, rebus dalam satu liter air hingga tersisa setengahnya. Minum pagi, siang dan sore hari, masing-masing ¾ gelas (150 ml) atau minum dua kali sehari masing-masing 200 ml.

3. Obat asam urat ramuan Daun Salam. Dikenal masyarakat Indonesia sebagai bumbu masak karena memiliki keharuman yang khas yang bisa menambah kelezatan masakan nusantara. Daun salam rasanya kelat dan bersifat astringent. Senyawa-senyawa seperti minyak atsiri, tannin dan flavonoid banyak terdapat dalam daunnya. Untuk pengobatan memang daunnya lah yang paling banyak digunakan sebagai obat asam urat, tetapi akar, kulit dan buahnya pun berkhasiat sebagai obat.

Cara meramu Daun salam menjadi obat Asam Urat:

Rebus 10–15 lembar daun salam segar ataupun kering dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas, minum 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.

 

Di atas adalah beberapa ramuan obat Asam Urat secara tradisional, disamping itu ada beberapa jenis makanan yang baik sekali untuk dikonsumsi untuk menurunkan kadar asam urat, seperti berikut ini :

  1. Vitamin C. Sertakan makanan dan suplemen kaya Vitamin C dalam menu harian kita, untuk mengurangi asam urat dalam tubuh dan melarutkannya dalam darah dengan mudah.
  2. Cherry. Cherry merupakan salah satu pengobatan alami untuk mengurangi dan mengobati asam urat secara alami. Cherry memiliki sifat anti-inflamasi bernama anthocyanin, yang sempurna untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.
  3. Jeruk nipis. Buah ini baik untuk penderita asam urat. Perasan jeruk nipis juga bisa membuang racun tubuh.
  4. Biji seledri. Merupakan obat Asam Urat yang populer untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Mengonsumsi esktrak biji seledri akan mendapatkan hasil terbaik.
  5. Sari cuka apel. Tambahkan tiga sendok teh sari cuka apel dengan segelas air. Minum dua sampai tiga kali sehari, untuk menurunkan kadar asam urat.
  6. Kacang pinto. Tidak semua kacang jahat terhadap penderita asam urat. Nyatanya, diet yang kaya asam folat dapat membantu menurunkan asam urat secara alami.
  7. Air mineral. Salah satu maintenance terbaik di rumah untuk mengurangi asam urat dalam tubuh, adalah minum banyak air mineral. Karena, air bisa mengeluarkan racun dari tubuh yang meliputi asam urat.
  8. Buah berries. Buah-buahan segar seperti stroberi dan blueberry juga dapat membantu mengurangi kadar asam urat.
  9. Kentang. Sayuran ini dapat digunakan untuk menurunkan kadar asam urat, dikonsumsi dengan cara dikukus.

 

obat asam uratDemikianlah pembahasan seputar obat asam urat, obat asam urat tidak harus mahal.

Dengan obat asam urat tradisional di atas, ramuan dapat dibuat dengan mudah dan kapan saja, yang jelas sangat efektif untuk mengobati penyakit asam urat. Dan yang paling penting, kita tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk mengobati asam urat.

Incoming search terms: