Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Ginjal » Mencegah Batu Ginjal Dengan Jeruk Nipis

Mencegah Batu Ginjal Dengan Jeruk Nipis



Mencegah batu ginjal ternyata dapat dilakukan dengan cara sederhana, yaitu hanya dengan memanfaatkan jeruk nipis. Seperti halnya kita ketahui, jeruk nipis merupakan jenis buah yang kaya manfaat, disamping sebagai bumbu tambahan pada masakan tertentu, jeruk nipis mempunyai khasiat yang efektif untuk mengobati berbagai penyakit, bahkan bisa juga dimanfaatkan sebagai perawatan wajah secara alami. Khasiat jeruk nipis ini memang sudah populer di tengah masyarakat.

Kembali ke permasalahan batu ginjal, sebenarnya kandungan apa yang dimiliki oleh jeruk nipis sehingga bisa dimanfaatkan untuk mencegah batu ginjal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jeruk nipis mengandung sitrat yang tinggi yang dapat mencegah batu ginjal. Lalu bagaimana dengan jeruk yang lain, apakah juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah batu ginjal?

Sesama buah jeruk, ada beberapa jenis jeruk yang juga mengandung sitrat seperti jeruk keprok dan jeruk manis, namun jumlah kandungannya tidak sebesar jeruk nipis. Jeruk nipis memiliki kandungan sitrat sebesar 55,6 gram/kg, jeruk keprok memiliki kandungan sitrat sebesar 5,4 gram/kg, sementara jeruk manis memiliki kandungan sitrat sebanyak 8,75 gram/kg. Dengan kandungan sitrat yang sebesar itu, jeruk nipis dipercaya lebih efektif untuk mencegah batu ginjal.

mencegah batu ginjalKemudian untuk mencegah batu ginjal, bagaimana cara penggunaan jeruk nipis itu? caranya mudah sekali, yaitu dengan cara mengkonsumsinya. Peras 2 buah jeruk nipis, lalu tambahkan ke dalam 2 gelas air putih yang matang, minumlah setiap malam hari, sesaat sesudah makan malam.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk membantu mencegah terbentuknya batu ginjal :

  • Membatasi asupan kalsium seperti ikan salmon, sarden, keju, susu, es krim, kol dan lobak.
  • Membatasi konsumsi makanan tinggi oksalat seperti : teh, bayam, cokelat, atau kacang – kacangan.
  • Mengurangi konsumsi protein hewani.
  • Membatasi asupan garam.
  • Meminum banyak air putih, setidaknya 2 liter air per harinya.

Demikianlah sedikit tips tentang mencegah batu ginjal, mudah – mudahan bermanfaat dan menjadi pengingat agar kita senantiasa menjaga kesehatan ginjal sehingga kita terhindar dari berbagai penyakit ginjal.