Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Penyakit Jantung » Makanan Sehat untuk Jantung

Makanan Sehat untuk Jantung



Makanan sehat untuk jantung. Penderita penyakit jantung nampaknya harus ekstra hati – hati dalam hal menjaga pola hidup sehat, agar proses penyembuhan semakin cepat. Berbicara pola hidup sehat tidak terlepas dari makanan sehat yang harus diterapkan pada penderita penyakit jantung.

Makanan sehat untuk jantung sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan jantung, ini juga sangat penting untuk mencegah terjadinya penyakit jantung.

Berikut ini adalah jenis makanan sehat untuk jantung :

  • Asparagus. Ini adalah makanan sehat untuk jantung yang pertama. Makanan ini kaya akan saponin, sebuah senyawa fito-kimia yang menghambat pertumbuhan kanker, sebagai antioksidan, menghambat pertumbuhan mikroba, menurunkan kolesterol darah, menurunkan kadar glukosa darah, bersifat antibiotik dan menimbulkan efek peningkatan kekebalan.
  • Cokelat. Pasti ini tidak asing lagi di telinga anda. Cokelat juga merupakanan makanan sehat untuk jantung. Menurut penelitian Universitas Scranton Pennsylvania, mengkonsumsi cokelat murni sebanyak 170 gram sehari, akan mampu menangkal terjadinya aterosklerosis ( kekakuan pembuluh darah ), menurunkan kadar LDL ( kolesterol jahat ) dan trigliserida, meningkatkan HDL.
  • Teh hijau. Teh jenis ini memiliki kadar kafein lebih rendah dibanding dengan teh hitam atau teh olong. Makanan sehat untuk jantung ini mengandung antioksidan seperti vitamin A, C dan E, juga flavonoid.
  • Ikan Haring. Biasanya diidentikkan dengan ikan salmon, tetapi ikan haring memiliki kandungan asam omega 3 yang lebih tinggi, yang mampu menurunkan kadar trigliserida dan menurunkan risiko pertumbuhan aterosklerosis ( pengerasan dinding pembuluh darah karena tumpukan lemak ). Disamping itu, ikan haring merupakan makanan sehat untuk jantung yang mampu menurunkan risiko aritmia ( detak jantung yang tidak normal ), yang dapat mengakibatkan serangan jantung mendadak.
  • Oatmeal. Serat larut dalam oatmeal ini mampu menurunkan kadar LDL dan mengeluarkannya dari dalam tubuh.
  • Jeruk. Antioksidan aktif dalam jeruk mampu menurunkan LDL dan meningkatkan HDL.
  • Pepaya. Dikenal sebagai nutrisi jantung yang mengandung banyak enzim yang berguna untuk pencernaan dan potasium.
  • Plum kering. Mengandung antioksidan yang banyak mengandung serat, diyakini dapat memperpanjang umur dan mencegah serangan jantung.
  • Ubi jalar / ketela rambat. Makanan ini sederhana namun termasuk makanan sehat untuk jantung. Mengandung antioksidan karoten yang dapat melindungi jantung dari serangan radikal bebas.
  • Kenari. Memiliki kemampuan menurunkan kadar endothelin dan kandungan asam linoleat ( ALA ) dan asam lemak omega 3.

makanan sehat untuk jantungMembiasakan mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung sangat penting untuk mencegah penyakit jantung, daripada menerapkan pola makan yang tidak terkontrol. Makanan yang tidak terkontrol akan mendekatkan kita timbulnya gejala penyakit jantung. Itulah pentingnya mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung.