Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Tips Kesehatan » Jenis Penyakit Lansia Yang Potensial

Jenis Penyakit Lansia Yang Potensial



Penyakit pada lansia. Menjadi tua adalah suatu proses yang pasti dalam hidup manusia. Berbagai macam faktor dapat menjadi penyebab hingga kita terserang suatu penyakit, yang mungkin kita tidak mengetahui dengan pasti sebenarnya apa yang menjadi penyebabnya.

Sudah menjadi suatu hal yang diyakini, timbulnya suatu penyakit disebabkan pola hidup  yang tidak sehat di masa lalu, baik disadari atau tidak sehingga merusak sistem kekebalan tubuh sehingga mudah terserang berbagai macam penyakit. Dengan demikian masa muda yang selalu merasa sehat belum tentu pada masa tuanya juga selalu sehat, karena bisa saja gejala penyakit sudah terjadi, sehingga akan berkembang semakin parah pada masa usia lanjut ( lansia ).

Berbagai macam penyakit sangat potensial mengancam kesehatan kita. Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang biasanya menyerang pada lansia :

  • Penyakit persendian dan tulang, misalnya : rematik, osteoporosis, dan osteoartritis.
  • Penyakit kardiovaskuler, misalnya : penyakit jantung koroner, hipertensi, kolesterolemia, angina, cardiac attack, stroke, trigliserida tinggi, anemia.
  • Penyakit pencernaan, misalnya : gastriris, ulcus pepticum
  • Penyakit urogenital, misalnya : infeksi saluran kemih, gagal ginjal akut / kronis, benigna prostat hiperplasia.
  • Penyakit metabolik / endokrin, misalnya : diabetes mellitus, obesitas
  • Penyakit pernafasan, misalnya : asma, TB paru
  • Penyakit keganasan, misalnya : penyakit kanker
  • Penyakit lainnya, seperti : senilis / pikun / dimensia, alzeimer dan parkinson

jenis penyakit lansiaKesehatan sangat mahal harganya, untuk menjadi sehat, jika seseorang sudah tak berdaya di rumah sakit,  berapapun jumlah hartanya akan bulat – bulat dipertaruhkan demi mendapatkan kesehatannya kembali. Tidak jarang, orang dapat menjadi bangkrut setelah terserang penyakit berat yang sulit disembuhkan. Rupanya di sinilah arti pentingnya hidup sehat, mudah – mudahan tips kesehatan ini dapat mengingatkan kepada kita semua agar menjaga pola hidup sehat.