Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Penyakit Jantung » Gejala Ciri Tanda Penyakit Sakit Jantung

Gejala Ciri Tanda Penyakit Sakit Jantung



Gejala penyakit jantung. Semua orang tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya penyakit jantung. Mengingat secara anatomi, letak jantung yang ada di sekitar dada, maka gejala, tanda, ciri awal penyakit jantung yang sudah dirasakan mungkin dianggap sebagai sakit yang biasa saja yang bisa hilang dengan sendirinya. Inilah yang membuat kondisi jantung semakin lama menjadi semakin buruk sehingga menjadi sakit jantung yang serius. Dibutuhkan sikap preventif bagi setiap orang untuk dapat mencegah timbulnya penyakit jantung, yaitu dengan memeriksakan ke dokter sejak dini apabila merasa mempunyai keluhan kesehatan yang tidak biasa.

Ciri – ciri penyakit jantung dapat dikenali dengan baik jika kita berkonsultasi dengan dokter. Dengan begitu, bila seseorang yang berisiko penyakit jantung akan dapat mengetahui hal – hal apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit jantung. Dia juga akan mengetahui hal – hal yang harus dihindari agar sakit jantung yang dirasakan tidak berkembang semakin parah. Itulah mengapa perlunya mempelajari bagaimana ciri, gejala ataupun tanda – tanda penyakit jantung.

Gejala sakit jantung secara spesifik dapat ditunjukkan dengan ciri – ciri seperti berikut ini :

1. Sakit pada bagian kepala. Sakit pada bagian kepala jika terkena
sinar matahari juga bisa saja merupakan ciri seseorang bermasalah dengan jantungnya. Pengaruh ini bisa saja menimbulkan denyut jantung lebih lambat atau lebih cepat.

2. Rasa nyeri. Jika otot tidak mendapatkan cukup darah (suatu keadaan yang disebut iskemi), maka oksigen yang tidak memadai dan hasil metabolisme yang berlebihan menyebabkan kram atau kejang. Angina merupakan perasaan sesak di dada atau perasaan dada diremas-remas, yang timbul jika otot jantung tidak mendapatkan darah yang cukup. Jenis dan beratnya nyeri atau ketidaknyamanan ini bervariasi pada setiap orang. Beberapa orang yang mengalami kekurangan aliran darah bisa tidak merasakan nyeri sama sekali (suatu keadaan yang disebut silent ischemia).

3. Sesak napas merupakan gejala yang biasa ditemukan pada gagal jantung. Sesak merupakan akibat dari masuknya cairan ke dalam rongga udara di paru-paru (kongesti pulmoner atau edema pulmoner).

4. Nyeri Dada. Ciri awal orang terkena penyait jantung bisa saja dari gejala nyeri pada bagian dada, namun nyeri dada tidak hanya merupakan ciri – ciri penyakit jantung, bisa juga gejala penyakit lainnya. Untuk itu perlu pemeriksaan dokter untuk memastikannya.

5. Kelelahan atau kepenatan. Ciri – ciri penyakit jantung yang satu ini sering tidak dikenali, karena dikira kelelahan biasa. Jika jantung tidak efektif memompa, maka aliran darah ke otot selama melakukan aktivitas akan berkurang, menyebabkan penderita merasa lemah dan lelah. Gejala ini seringkali bersifat ringan. Untuk mengatasinya, penderita biasanya mengurangi aktivitasnya secara bertahap atau mengira gejala ini sebagai bagian dari penuaan.

7. Palpitasi ( jantung berdebar-debar )

8. Merasa mual. Gejala penyakit jantung selanjutnya adalah penderita
akan meraskan mual sehingga menurunkan nafsu makan.

9. Perasaan cemas. Ini juga salah satu gejala penyakit jantung yang umum. Orang yang mengalami serangan jantung mengalami trauma sehingga menimbukan rasa tegang, ketakutan dan juga kecemasan, rasa cemas ini tentu saja harus dihindari karena merupakan pemicu munculnya kembai serangan jantung. Oleh karena itu dianjurkan untuk tetap tenang dan sebisa mungkin untuk menghilangkan cemas.

10. Pembengkakan. Ciri lain dari seorang yang menderita penyakit
jantung adalah terjadinya pembengkakan pada bagian tubuh tertentu seperti pada bagian perut atau pada bagian pergelangan kaki, ini terjadi karena cairan yang menumpuk dalam tubuh.

11. Keluar keringat. Seseorang harus waspada jika tubuh mengeluarkan keringat sedangkan tubuh tidak melakukan olahraga atau aktivitas apa-apa. Ini dimungkinkan sebagai gejala atau tanda sakit jantung.

12. Pusing & pingsan. Penurunan aliran darah karena denyut atau irama jantung yang abnormal atau karena kemampuan memompa yang buruk, bisa menyebabkan pusing dan pingsan.

penyakit jantungCiri – ciri sakit jantung di atas mungkin salah satunya pernah anda rasakan, dan jika anda selama ini hanya cuek – cuek saja maka mulai sekarang sekarang anda harus hati – hati dan rutin cek kesehatan ke dokter. Ingat! penyakit jantung merupakan salah satu pembunuh nomor satu di Indonesia. Tanda – tanda penyakit jantung yang dirasakan tidak perlu terlalu dirisaukan, justru itu yang membuat kita termotivasi untuk menerapkan pola hidup sehat.

Mudah – mudahan artikel tentang ciri, gejala dan tanda penyakit jantung di atas bermanfaat, apabila anda tertarik dengan artikel seputar penyakit jantung, anda dapat membuka halaman blog ini pada kategori penyakit jantung.