Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Perawatan Rambut » Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Nutrisi Alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Nutrisi Alami



Cara mengatasi rambut rontok. Sebenarnya permasalahan rambut rontok dialami oleh semua orang, namun tentunya rambut yang rontok masih dalam jumlah yang wajar. Yang mengkhawatirkan adalah bagaimana jika rambut yang rontok dalam jumlah banyak dan terjadi setiap hari, sehingga bisa dipastikan akan terjadi kebotakan dan membuat pusing bagaimana menemukan obat penumbuh rambut yang efektif  untuk mengatasinya.

Cara mengatasi rambut rontok sebenarnya dapat dilakukan dengan cara sederhana dan direkomendasikan oleh para ahli kecantikan, yaitu dengan mengkonsumsi bahan – bahan tertentu yang mengandung nutrisi alami dengan jumlah yang cukup. Bagaimanapun juga, cara merawat rambut itu harus dilakukan dengan cara yang benar, seperti organ tubuh lainnya, jika kebutuhan gizinya tidak terpenuhi akan menimbulkan masalah, seperti kerontokan. Mengatasi rambut rontok akan menunjukkan hasil jika gizi untuk rambut dapat tercukupi dengan baik.

Lalu apa saja sumber – sumber nutrisi yang baik untuk mengatasi rambut rontok? . Ada beberapa zat gizi yang direkomendasikan para ahli kecantikan, yang penting untuk mencegah dan mengatasi kerontokan yakni vitamin A, B, C, tembaga, zat besi, zinc, protein dan air.

Berikut ini adalah beberapa sumber makanan yang mengandung nutrisi penting , sebagi cara mengatasi rambut rontok secara alami :

  • Vitamin A: bekerja dengan merangsang pertumbuhan dan kesehatan sel rambut serta kulit kepala. Bahan makanan sumber vitamin A berupa sayur maupun buah yang berwarna merah-oranye dan hijau tua, minyak ikan, hati, telur, dan susu yang sudah difortifikasi dengan vitamin A.
  • Vitamin B6, B12, asam folat, dan biotin, bekerja dengan mencukupi kebutuhan oksigen dan zat gizi pada rambut sehingga rambut akan tumbuh maksimal, juga membuat kulit kepala memiliki kadar minyak yang cukup, sehingga tidak mudah terjadi kelainan pada kulit kepala. Adapun bahan makanan sumber vitamin B6 dan B12 berupa daging ayam, daging babi, ikan, hati, ginjal, kedelai, kacang, biji-bijian, dan lain-lain. Sumber asam folat adalah sayuran, alpukat, bit, atau brokoli. Dan sumber biotin berupa telur, hati, roti beragi, sereal, dan lain-lain.
  • Vitamin C, penting untuk memproduksi kolagen yang memberikan struktur pada rambut. Sumber vitamin C banyak pada sayur dan buah, lada, dan lain-lain.
  • Mineral tembaga, penting untuk mempertahankan kecukupan nutrisi melalui pembuluh darah pada akar rambut. Bahan makanan yang kaya akan mineral tembaga adalah hati, seafood, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
  • Zat besi, merupakan pembawa oksigen dalam darah, termasuk dalam pembuluh darah akar rambut. Bahan makanan yang kaya akan zat besi seperti daging, bayam, kacang merah, dan lain-lain.
  • Zinc, berfungsi untuk mempertahankan produksi minyak dari folikel rambut. Kekurangan zinc sering dihubungkan dengan ketombe dan kerontokan rambut. Sumber zinc banyak pada seafood, telur, susu, daging, dan lain-lain.
  • Protein, diperlukan untuk pertumbuhan rambut normal. Banyak dijumpai pada daging, unggas, ikan, telur, susu, kedelai, keju, dan lain-lain.
  • Air, penting untuk mencukupi kebutuhan sel akan cairan, dan juga berperan sebagai pengangkut zat-zat gizi yang diperlukan dalam proses pertumbuhan rambut.

cara mengatasi rambut rontokDisamping cara di atas, cara mengatasi rambut rontok juga perlu dilakukan perawatan dari luar, yaitu dengan lidah buaya. Pelajari cara mengobati rambut rontok dengan lidah buaya.

Temukan juga tips kesehatan lainnya pada halaman selanjutnya, mudah – mudahan artikel tentang kesehatan di atas bermanfaat.